Spesifikasi Mazda Vantrend


Merk               : Mazda
Model             : Vantrend Station Wagon
Transmisi       : Manual 5 percepatan

Spesifikasi Kendaraan:
Panjang           : 4146 x lebar 1596 x tinggi 1455mm
Engine             : 1298cc
Output             : 70ps/5500rpm
Torque             : 11.0kgm/3500rpm. Kapasitas tangki: 43 Liter

Ulasan:
Sebuah Station Wagon yang muncul pada tahun 93 minus teknologi Power Window, Power Steering, kemudian muncul pada tahun 94 yang telah dilengkapi dengan teknologi central lock serta power windownya serta sudah Power Steering.

Mazda Vantrend cukup nyaman apabila dikendarai sendiri, kurang nyaman apabila berkendara bersama teman-teman dan keluarga karena kabin penumpang yang sempit. Jok baris kedua memiliki ruang yang tidak begitu luas, sehingga faktor kenyamanan penumpang kurang baik.

Ketika mencapai keceptan tinggi > 100kpj gejala body roll benar-benar terasa, suara kabin mesin yang cukup menganggu dikala mencapai kecepatan > 100kpj.

Suspensi depan yang apabila bermasalah terutama pada kopel yang harus ganti satu set. Suspensi tergolong biasa saja, tidak keras juga tidak bisa dibilang lembut. Tapi cukup lincah untuk berkelok-kelok.

Tarikan cukup enak, cukup responsif, mungkin karena bodynya yang mungil.
Ketersedian sparepart sangat minim, sangat sulit mencari sparepart Mazda Vantrend. Mau tidak mau harus mencari sparepart subtitusi.

Dengan kapasitas tangki sebanyak 43 liter serta CC yang kecil +/- 1300cc, konsumsi BBM Mazda Vantrend terbilang irit, dalam kota bisa mencapai perbandingan 1:12, serta luar kota bisa mencapai 1:14 dengan catatan kondisi mesin yang sehat, serta radiator tidak bermasalah.

Volume Bagasi yang banyak cukup untuk mengangkut barang-barang bawaan anda tanpa melipat kursi jok baris kedua.
AC cukup dingin sekali lagi dengan catatan mesin dalam kondisi topcer serta radiator tidak bermasalah.

Dari segi mesin yang bandel namun sama sekali jauh dari kata powerfull, handling bisa dibilang buruk, namun Mazda Vantrend cukup apik kalau di ajak bermanuver(dalam batas toleransi).

Interior sangat biasa, desain dashboard menurut saya tergolong jelek, pilihan selera desainnya kurang bagus, lebih bagus untuk diberi sedikit sentuhan modifikasi agar tampilan interior Mazda Vantrend anda tampak cantik.
Eksterior terbilang biasa saja, namun bentuknya tergolong unik pada jamannya. Bentuk Station Wagon yang tampak seperti "mobil mayat" menjadi keunikan tersendiri Mazda Vantrend ini. Desain lampu depan serta lampu belakang sangat biasa tidak ada yang begitu istimewa. Namun lampu kotaknya memang khas Mazda Vantrend, sekarang ini cukup sulit untuk mendapatkan lampu depan Mazda Vantrend yang masih original(CMIIW).


Positif:
- Volume bagasi banyak
- Ac tergolong dingin
- Konsumsi BBM irit
- Lincah
- Radius putar panjang
- Minim Blind Spot

Negatif:
- Radiator akrab dengan overheat
- Kabin penumpang rada berisik
- Body roll sangat terasa pada kecepatan > 100km/jam
- Handling buruk


Harga
Harga mobil in sungguh murah, untuk tahun 94-96 bisa ditebus mulai dari 22-35 juta, lalu 97 mulai dari 30 juta, woww  murah tenan.

1 comment: