Kenapa Pilih Vantrend? (Beberapa Testimoni Pemakai Vantrend)


Ane pakai vantrend keluaran taun 1995, power steering, power window, cdi. beli baru dan masih dipakai mondar-mandir jakarta-tangerang pp setiap hari sampai sekarang. karena termasuk "mobil rakyat", maka harganya termasuk murah dibandingkan mobil lain. karena itu, jangan menuntut terlalu banyak soal kenyamanan. beberapa hal yang pernah dilakukan adalah:
  1. Ganti busi 6 kali (sware)
  2. Selama 19950-2010, ganti kopel utuh & orisinal 1 kali, seharga rp.2jutaan. pernah coba diakali ganti cross-joint-nya saja, tapi bergetar di atas 80km/jm
  3. untuk mengeliminir naiknya temperatur ketika jalanan macet, tambah extra fan, ganti radiator "double layer" (punya-nya mitsubishi colt t-120 lama), dan polley kipas diganti dengan diameter 9 cm (aslinya 12 cm) menggunakan jasa tukang bubut. akibatnya, temperatur tidak pernah lewat 1/3 di jalanan macet lebih dari 3 jam sekalipun.
  4. tambah spacer pada setiap roda, jangan lebih dari 1 cm sehingga jarak pijak roda kanan dan kiri bertambah 2 cm. gunanya untuk menambah stabilitas di jalan lurus, tidak goyang bila berpapasan/menyalip mobil besar pada kecepatan di atas 80kpj di jalan toll.
  5. dengan ditambah spacer, ban bisa diganti dengan ukuran 14x65x175. dalam keadaan standar, ban depan akan mentok dudukan per (shockbreaker).
  6. dengan menggunakan hho fuel dengan alat buatan sendiri yang memisahkan air (h2o) menjadi hh+o melalui proses elektrolisis, maka tenaga dan akselerasi meningkat, tarikan tambah panjang dan ringan. pemakaian bensin mencapai 1:14 dalam kota, dan bisa 1:17 luar kota di jalan toll tanpa macet. temperatur sedikit naik, tapi bisa diakali dengan "mempercepat pengapian", seperti setelah kalau pakai bensin pertamax plus.
  7. lampu redup/kemerah-merahan karena setrumnya tekor. karena kemudian diganti alternator/dinamo dari 45amper menjjadi 90amper. setelah diganti, lampu terang, sekalipun semalaman jalan dengan menghidupkan lampu, ac, sound-system, elektrolisis accu tidak tekor lagi
  8. shockbreaker depan sebaiknya pakai tipe gas untuk mengatasi penyakit "ngebuang/oversteering" ketika menikung, dan belakang tetap pakai minyak agar tetap lembut.
  9. untuk menghindari per belakang mentok jika jok belakang dibebani 3 orang plus barang bawaan, ditambahkan satu daun per, posisinya antara per 1 dan per 2 dari bawah. di antara per 2-3 juga boleh, tapi bantingannya akan lebih keras kalau tidak berpenumpang.
  10. oh ya, satu lagi, ... knalpotnya diganti dengan sistem "free flow". tukang knalpot menamai model racing atau model bmw. tetapi dengan 2 muffler/saringan (aslinya 1, model gendang). satu di belakang (besar), dan satu lagi lebih kecil di bawah tempat duduk depan. efeknya, arus gas buang lancar, tarikan lebih ringan, dan suara tidak berisik (karena 2 muffler/saringan).

Salah satu kelebihan vantrend yang ane suka adalah ringan pengendaliannya karena menggunakan electric power steering, responsif tenaganya sampai kecepatan 100km/j, lincah diajak manuver. cocok untuk lalu lintas jakarta yang biasa macet. paling nyaman, aman dan efisien melaju pada kecepatan 80km/j.
  • yang harus sering-sering mendapat perhatian adalah karet stabiliser depan dan bushing iddle arm/pitman. jika pengendalian agak aneh atau terasa sedikit sempoyongan, periksalah kedua komponen itu dan check mur roda depan. jangan buru-buru menyalahkan tire-odd dan ball-joint. selama 15 tahun baru 1 kali ganti tire-odd & ball joint 1 set.
  • kalau ingin tarikannya lembut tetapi bertenaga seperti mobil kelas 2000cc-an, gantilah plat kopling yang per-nya 6 buah atau yang 3 buah, aslinya 4 buah, itupun terbuat dari karet. harganya 30%-50% lebih mahal dibandingkan standar, tapi kualitas & daya tahannya jauh lebih baik. kalau mengganti jangan tanggung-tanggung, satu set sekalian (pilot bearing, kampas kopling, matahari dan drug-lager). ane ganti setiap 4 taon. yang pertama (orisinil) hanya bertahan 2 taon.
  • jangan lupa ganti olie mesin, transmisi, gardan secara rutin. sejak mobil masih baru, untuk mesin ane pakai prima-xp (standarnya pertamina super). untuk transmisi & gardan, campurkan 1 can stp-oil treatment dengan 3 liter olie sae-90 (pertamina rored). separo untuk transmisi, separo untuk gardan.
  • sampai sekarang mesin belum pernah dibongkar karena memang tidak perlu karena hasil pengecekan kompresi masih standar dan perbedaan kompresi antar silinder rata (indikasi kesehatan mesin).

Saya pernah merasakan memiliki mobil ini selma kurang lebih 14 tahun. saya membeli mobil ini dari tahun 1995 hingga kemudian hari dijual pada tahun 2009. Mobil ini termasuk bandel di sektor mesinnya. terbukti selama kurun waktu 14 tahun pemakaian mobil ini, belum pernah sekalipun turun mesin. Konsumsi BBM yang tergolong irit +/-1:12 dalam kota, 1:14 luarkota. Namun masalah timbul karena kabin penumpang yang sempit, sangat sempit untuk ukuran orang dewasa, kurang nyaman dikendarai luar kota, karena tidak bisa dibawa melaju >100kpj, kurang nyaman. Masalah utama yang sering saya jumpai pada mobil ini ada dua:
  1. Masalah Radiator, Sering mengalami kebocoran, untungnya masih dapat diperbaiki di tukang radiator di pinggir jalan. Harus sering-sering mengecek tabung air radiator. Bisa ganti dengan radiator 2 ply. Bawaan pabrik yang masih 1 ply.
  2. Masalah Kaki2 (terutama ball joint, cross joint, joint kopel) Jeroan sering mengalami gangguan. Kurang tangguh terhadap kontur jalan di Indonesia yang tidak menentu ini.
Fuel Pump sempat bermasalah setelah penggunaan tahun ke 13 begitu juga dengan kepala aki yang sempat bermasalah. Thermostat sempat dilepas karena ada masalah pada radiatornya, Central Lock dilepas karena waktu itu pernah terkunci di dalam.
Mobil Vantrend merupakan mobil hobi kurang cocok menjadi mobil operasional. Tapi bukan berarti Mazda VT sama sekali tidak cocok dengan label "mobil operasional", mesin yang tergolong bandel serta konsumsi BBM yang tergolong irit menjadi pertimbangan untuk menjadikannya mobil kedua setelah mobil pertama anda yang digunakan sehari-hari.
Kalau menyukai mobil klasik Mazda Vantrend bukan sebuah pilihan terdepan.
Namun untuk sekedar menemani perjalanan dalam kota rasanya Mazda Vantrend bukan pilihan yang buruk. Bagi yang mempunyai keluarga yang kecil dan suka membawa banyak barang-barang, Mazda Vantrend bisa menjadi pilihan alternatif anda.


Pake Mazda karena :
Waktu itu ane punya budget terbatas, maklum, br bisa nyari duit..
Untuk kelas 30 jt-an, yg masuk nominasi ada Espass, 405 SRI, Katana, Vantrend. Ane udah sempet masuk ke milist-2nya mereka, setelah sekian lama ngorek2 info (padahal cuma 3 bulan), akhirnya pilihan jatuh ke Mazda Vantrend '95
Kenapa ?
Pajak Vantrend Rp. 345.000,-, Espass Rp. 450K-an, Katana Rp. 650K-an, 405 SRI Rp. 700K-an (aga2 lupa)Bensin sih iritan Katana tp sayang per nya keuras tenan.. Kasian yg duduk belakang euy..
Espass sering bermasalah kl maen banjir2an.. Tp knp Vantrend ngga yaa..??
Spare part relatif, mo pake yg murah, ada.. tp usianya pendek.. pake yg ori, mahal.. tp usianya panjang.. Ky nya ini berlaku untuk semua kendaran tuh..
Bentuk, ane plg suka wagon.. Dulu waktu SMA sempet ngidam2in tuh mobil..
Cobain aja deh.. Poko'e pake Mazda, ngga rugi koq..


Ane pake VT 94..uuiirit..! Trus hemat biaya mudik..Jokja - Bandung PP bawa anak-istri gak lebih 600rb..Larinya lumayan kuenceng gak kalah ama Av...za, Pas macet di Nagreg banyak mobil bagus mogok..tapi VT ane jalan terus..di tanjakan..gak masalah..! Sampe skrng gak pingin ganti..kecuali udah bisa beli Mazda3... Bravo..mazda! Bravo..VT!


Dulu pake mobil bokap.... terus beli cre***da....
Sebetulnya mobil enak sih...dapet banyak temen juga pake mobil itu... tapi 1 hari beli bensin 100rb... mak!!! nangis gw!
Terus mulai cari mobil IRIT !!
browsing2 ..... koq nemunya VT.... liat semua komentar tentang VT....
hmmmm... kayaknya boleh nih, mesin lumayan 1400 cc, carbu (gampang) dan wagon.
Akhirnya beli deh... jadi punya 2... maksudnya mau bandingin dulu...
Setelah pake-pake koq ternyata enak juga.
Tarikan lumayan dan bensin bener.... IRIT...
Bayangin aja.. dari 1 hari 100rb, di banding pake VT cukup 200rb seminggu !!
Akhirnya.... VT jadi soulmate gw!
Sampe sekarang.... boss udah nyaranin gw ganti mobil... biar lebih gaya... gw minta Mazda 3.... boss malah nyengir ngeloyor .....


Bener2 nggak nyangka Mazda Van Trend pernah ditaksi in dengan jalur Balikpapan-Samarinda dengan jarak tempuh 300 km per hari, mesinnya bandel banget, speednya nggak kalah ama mobil2 baru spt Avanza dan Xenia, komentar penumpang2 mesinnya halus, bandel, tikungan lebih nggak berasa di banding kijang and xenia. Maklum jalannya juga banyak tikungannya..
Olinya coy cuma Mesran SAE 40 aja, irit bensinnya 1:12, ACnya man bikin penumpang menggigil sampe2 do comment.."matiin aja kita udah mau beku," Di jalan lurus masuk gigi 4 ke 5 masih dgn mudahnya masuk ke speed 100-120.. Semula mau saya jual tapi liat perfomanya kaya gitu jadi kadung sayang ama Mazda VT warna silver th.96.
Ngelawan saingan2 di airport Inova, Avanza, emang nggak ringan..tapi coba dulu bozz..baru comment..yang ada tdk sedikit penumpang yg ngasih tips dan nunjukkin rasa herannya.
"Mobil tua..larinya masih gila." Thank God for Wonderful Mazda VT

Bismillah...
kbtulan sy pengguna vt th 98. beli second. sdh hampir 2 thn. mbl ini cukup enak,handal & nyaman. terutama utk keluaraga kecil bahagia. relatif tdk rewel dibanding mbl2 sekelasnya. bensin irit. pernah sy cek malam2 di tol dalam kota jkt kecepatan konstan 80-an kpj rpm 2500 - 3000 tanpa ac bisa menembus 1:15 ! ac super dingin. top speed pernah sy coba sampai 140 kpj dan masih bisa nambah! tapi sy ga berani krn udah pada geter semua...maklum boil tua. load bisa ampe max abis! apalagi kalo roof rack nya msh oke, tumpuk aja choy...makin berat makin empuk sok brekernya. cockpit cabin & cargo luas walaupun dari luar kliatannya kecil. part nya gampang dicari. tapi memang bbrp ada yg sudah ga di prod, tp copotan sih selalu ada.
kekurangan : brisik trutama gardan / kopel, getaran tinggi, kadang suka gludug2 kalo ngoper giginya ga pas.
selebihnya... ini mobil memang favorit di kelasnya...

106 comments:

  1. saya sampai sekarang pakai mobil vt, ditanjakan pujon arah batu - kota malang yang katanya cuma mobil baru aja yng bisa lewat ternyata dengan vt, saya bisa melewatinya dengan muatan penuh satu keluarga kecil. hebat si vt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe merinding denger kehebatan VT nya om Novianto, jadi makin cinta aja saya sama VT.
      Thank's om dah mampir di blog ane

      Delete
  2. Iya om Noviyanto, kekuatan mazda vantrend emang top, lewat tanjakan Nagrek Garut yg katanya angker untuk mobil lawas, vantrenku ngacir aja,

    ReplyDelete
  3. Assalam, ikutan...
    Thn 2009 ane ngangkat second vt 94,
    Ni mobil unik pernah kehabisan air radiator di jalan layang jarum hampir nempel garis merah
    Sampai stasiun senen baru diisi airnya, sempet waswas dijalan, takut mesin pecah, ternyata aman
    ...
    Pernah ada suara klutuk2 di gardan, terus minggir
    body ane guncang2 keras bunui glek dua kali, jalan lagi suara suara klutuk2 hilang.
    ...
    Bolak balik stel rem tangan, apa begitu..
    Masih pakai sampai sekarang, lrn budget terbatas, hiks...

    ReplyDelete
  4. saya tertarik dengan VT ni, untuk daya muat orang dan Sparepart mudah gak ni dipasaran.

    ReplyDelete
  5. Ane pengguna nissan infiniti i30 th 2000 mbl sih enak cuman mesin 3000cc pertamax bikin ane kerja pake motor tiap hari, ga kuat bensinnya. Setelah browsing untuk cari mobil yg kuat, irit dan terjangkau insyaAllah bulan depan saya akan meminang vantrend untuk operasional saya,

    ReplyDelete
  6. Saya pake vt th 95...kalo buat yg budget terbatas ni mobil ok banget...di pakai mudik dari bandung ke madiun...wow bensinnya irit bro...harga bbm/liter 6500 bandung - madiun pp 750 rebu...sparepart terjangkau...pajak stnk murah 450 rebu...mobil sudah di upgrade...shock depan mc person strut, shock belakang kayaba, alternator grand livina 85 ampere, electric fan suzuki karimun, 4 ban dunlop baru...belum semua yg diinginkan tercapai...misalnya radiator 2 ply dan yg lainnya....tapi overall mazda vantrend top lah !!!....

    ReplyDelete
  7. Upgrade lagi gan.....ganti water pump merk gmb, puli ganti dari ukuran 12 ke 9 ( harus buat lubang baru ke tukang bubut, ganti timing belt ke diameter lebih kecil...kalo ga salah dari 31 ke 30 ), radiator dari 1 ply ke 2 ply, air ganti ke radiator coolant, vakum delco ganti + selang vakum, selang selang karet ganti....tarikan jadi joss...perjalanan dari bandung to madiun no overheat lagi...di daerah yg panas seperti cilacap dgn kecepatan 60 - 80 kpj jarum temperatur ga pernah lewat dari setengah, rata rata di seperempat...tarikan jadi joss tapi sayang plat kupling kalah ( karena dah tua kali )....sekarang dah sampai di madiun dari bandung....rencana mau ganti plat kupling di madiun...kalo dah beres nanti saya lapor berita terbaru boss...

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Pengen beli mobil ini tapi masih ragu..
    Soalnya aku benar2 awam & ini baru prtama mau mutusin beli mobil. Sempat bimbang dg kijang long th 93 dg vt 95..gmana prend ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah..namanya mobil tua om, pasti ada kekurangan2 nya, kalau mau yang bagus tinggal pancal gas ya beli baru tp itupan ga nutup kemungkinan adanya kerusakan lho ya..
      Disesuaikan sama ketebalan dompet saja om, kalau duit banyak ya ambil baru di dealer, sapa tau dpt bonus SPG nya, hehe..
      Kalau dompet tipiser kayak saya ini, yg mampunya cm beli vantrend ya dinikmati saja lah, toh fungsinya jg sama saja, pas pulang kampung orang2 pake mobil baru dari jenis kaleng2an seperti sinia apanjah, dll saya pake vantrend sama-sama nyampe kampung jg

      Delete
  10. salam kenal mas. saya browsing soal VT dan nemu catatan ini.
    pingin nanya mas, di tahun 2016 ini, keberadaan sparepart VT gimana ya mas? apakah masih banyak dan mudah? saya sejatinya pingin bgt punya VT, tapi dengar-dengar, harga mazda jatuh karena suku cadang langka. benarkah? sekali lagi trims atas sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang Mas. Sperapart melimpah dan bisa d kanibal.

      Delete
    2. Gampang Mas. Sperapart melimpah dan bisa d kanibal.

      Delete
  11. Alhamdulillah, pake VT anak dan istriku bisa tidur pulas di belakang, karena saya setting jok ditidurin + tambah matras, alhasil jadilah tempat tidur berjalan, kebumen semarang jadi serasa tidur siang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. VT 94, meski belum power stering, tp nyaman di pakai. Di tambah knalpot racing, seperti pembalap. Mantaf dech

      Delete
  12. salam kenal kawan2 pengemudi vantrend...saya ingin berbagi pengalaman bersama vantrend 94 saya...mobil yang saya beli mulai baru ini memang bandel dan tidak merepotkan...bensin lumayan irit, perawatan ngga susah2 amet...larinya jangan ditanya...speedometer 160kpj pun nyampe tuh (keadaan mobil standart orian smua) videonya bisa dilihat di fb saya : Bhayu Kuntadi Onethirtyfours...

    oli mesin cukup sae 20-50...gardan dan transmisi pake sae 90 sesuai anjuran di buku M1400...

    per daun belakang saya copot selembar yang paling kecil...biar lebih empuk, karena saya jarang muatan berat...pajak mobil 600rb...hemat kan? trayek batu malang, sarangan tawangmangu, bromo masih kuat kok...

    kawan kawan ngga usah ragu dengan mazda vantrend...mobilnya bersahaja, tenaganya serigala...oww iya...kalo ada yg punya info penjual kisi2 ac untuk vantrend, boleh dong dibagi...thx

    ReplyDelete
  13. Minta info donk om,,,ane punya baby bomer nih,,,,,,,pajaknya kok mahal amat yah 1,2jettian,,!!! Baru minang dapet 6bln nih,,,,dah ganti sektor sana sini jg sih maklum boil tuir th 96, tp ane demen sayang mw dijual dah banyak yg nawar hehehehehe cm pajaknya nih lebi mahal dri bm dobleyou. Klo mesin sihh joss gak kalah ama yg bru lahir sejenis hatback, acnya hmmmm kayak masuk freezer,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  14. Aku melu kepingin.
    Btw newbie soal mobil

    ReplyDelete
  15. Aku melu kepingin.
    Btw newbie soal mobil

    ReplyDelete
  16. Aku punya vantrend th 96 pernah kubawa mudik dari Malang ke Banyumas PP gak ada masalah di tanjakan tol tembalang semarang mobil2 keluaran baru bisa kusalip, mantap lah gak kecewwa.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. hallo semua pengguna vantrend. salam kenal. saya berniat angkat VT 93. saya blm pernah punya mobil. ada saran yang paling penting untuk dilakukan buat maintenance harian dan bulanan supaya VT tetap OK. salam hangat VT..

    ReplyDelete
  19. Halo, saya berminat meminang VT 95 tp kok kt penjualnya blm power steering ya apa benar??

    ReplyDelete
  20. Permisi agan agan barangkali ada pengguna infiniti l30 disini. Kalo ada bagi bagi infonya dong???? Makasih

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah saya beli VT setelah baca artikel ini. Tanggal 24 desember besok anniversary VT93 saya. dan saya suka VT. Kesan pertama mobil ini nyaman,jauh lebih nyaman daripada xenav. AC dingin, mesin badak tapi bukan kuda. Maksud saya torsinya kuat, tapi hi rev loyo. Bukan buat ngebut tapi buat nanjak. Postur mengemudi sedan banget (selonjoran) dan sensasi mengemudinya gak kayak mobil tua yang biasanya udah banyak spelleng. Tetap presisi dan lincah meskipun sedikit limbung. Radius putar sangat kecil g kayak wagon. Kualitas material plastik interior lumayan bagus tapi g indah. Untuk umurnya yang sudah uzur, masih banyak unit yang plastik interiornya kenceng. Beda banget sama mobil2 seangkatannya yang rata2 udah pada retak atau kusam. Tuas persneling presisi, karena penggerak belakang, tuas langsung diatas tranny box. G pake sling kawat kaya mobil2 FWD. Karakter mobil cenderung oversteer kalo dipaksa,lebih gampang dihandle kalo push to the limit.

    Namanya ciptaan manusia, pasti ada kurangnya. Pertama kabin kurang kedap. rangkaian suspensi suka kirim bunyi subwoofer kalo lewat jalan paving. Suara mesin sih halus dari dalem mobil, tapi dari luar gampang banget dideteksi (karena pake timming chain dan kipas pulley). Hand brake g pakem dan gampang kendor. G ada tachometer. Dan yang paling bikin capek, Kopel getar. Selebihnya penyakit normal mobil tua, bahkan lebih sedikit. Tapi suwer ni mobil bandel banget. Mesin gak lebih rewel daripada understel,padahal understel nya juga gak seberapa rewel. Intinya mesinnya gak banyak ngerepotin, kita akan lebih sering direpotkan sama selain mesin. (Kopel, rem, pit arm bushing)

    ReplyDelete
  22. Yo bener mas agus.. Tak dukung vantrend ne... Sesuk nggawe klub vt sak indonesia hayu brohhh

    ReplyDelete
  23. Yo bener mas agus.. Tak dukung vantrend ne... Sesuk nggawe klub vt sak indonesia hayu brohhh

    ReplyDelete
  24. Infonya menarik semua, Buat nimba ilmu, Jadi pingin juga minang ni boil. Mudah2an ada rezeki dimudahkan sama 4jji amin

    ReplyDelete
  25. Hmmmm jadi pengen ikut punya nih vt walau masih galau antara vt atau panther jadul ....

    ReplyDelete
  26. Asyik.. Jd mupeng jg, 2017 onderdil susah gk yach!?

    ReplyDelete
  27. saya termasuk sedikit hobby mobil terutama motuba(mobil tua bangka)heheheh...menurut saya mazda vantrend termasuk bandel,bertenaga dan FC(fuel consumtion)lumayan irit dan cukup dg premium atau pertalite.Ac sangat dingin ckp mumpuni utk udara panas.spare part msh banyak terutama utk kota besar.intinya over-all ini mobil bagus....penilaian saya dg pertimbangan harga beli,usia mobil,FC,handling dan ketersediaan spare part...

    ReplyDelete
  28. Oke setuju vt klasik elegan lam kenal .dari denpadar

    ReplyDelete
  29. Oke setuju vt klasik elegan lam kenal .dari denpadar

    ReplyDelete
  30. Go vt saya juga jadi jdi tmbah gemes aja ni sama si raden..

    ReplyDelete
  31. Vantrend mang Good udah nemaning 15 Tahun lebih tapi tidak pernah ngeropotin. keluar kota jangan ditanya lagi pokokke mantap tidak nguras kannnnntong.

    ReplyDelete
  32. Salam kenal agan2,, setuja sekali dengan kalian semua,,, bukti nyata ane punya Vantren 94, ane kasih nama si Raden, selama ane punya si raden belom di bikin pusing tuh gan,, baru ganti bearing roda depan aja maklum mobil tua,, masalah bensin irit meskipun udah ane ganti knalpot resing,, 2 kali pp langsung indramayu Bogor gak ada kendala itu juga gak ane kasih istirahat gan ane sengaja ngetes si raden kuat apa enggak ternyata kuat coyyyy.... Mntapzz jiwa..

    ReplyDelete
  33. Numpang tanya dong...kebetulan suami baru beli vt 94/95, bengkel atau tmpat service yg paham vt di wil.bogor dimna ya ? Share dong, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba gabung di komunitas vantrend bogor bun,,, selain tambah sodara, info2 bengkel juga gampang

      Delete
  34. di malang ada komunitas vt nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabung grub FB nya saja om, VTcommunity (VTComm) banyak master2 per VT an ngumpul disana

      Delete
  35. Rencana mau beli vt juga, semoga Allah segera mengabulkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjoettken om.., 20-30 jt jg dah dapet VT yg istimewa, dibawah 20 jt jg banyak, tp musti siapin bajet untuk perbaikannya.
      Naik VT itu berasa spesial dijalanan, soalnya jarang ketemu sejenisnya, selama setahun bawa VT ketemu VT lain itu bisa diitung dengan jari

      Delete
  36. saya juga lg mau beli vt mudah-mudahan segera terlaksana.

    ReplyDelete
  37. Baru punya Vt 95, tapi baru dipandangi ajah. Pake langsung belum, tapi kalo numpang dan mengamati sambil belajar utak-atik perawatan sama pemilik pertama sih hampir 2 tahun lebih. Hehe.. (Alhamdulillah plat F Kota)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti jatuh cinta om.., berawal dari saling memandang nanti jadinya cinta, hhehe..

      Delete
  38. Vt ku lagi ganti kulit begitu dikuliti alamak pintu samping brlakang supir ternyata dulu pernah parah ada potongan plat separuh pintu... Hemmm tapi tak apalah sudah setahun menemani dan sy akan percantik dgn cat baru

    ReplyDelete
  39. semoga aj dpt uang kaget biar bisa beli ne mobil.,., buat keluarga ok buat jualan ok buat angkut2 barang jg ok bentuknya estate jd ciri khas

    ReplyDelete
  40. wah.. mayoritas komennya positif semua..ane juga baru tau VT pas lg liat video review tentang Mazda 6 Estate..hehe

    Pas liat langsung bertanya-tanya, "harganya brapa ya?" dan guggling sana sini ternyata mantap tenan..pas di kantong..hehe

    semoga tahun depan bisa beli VT 1 ekor secara cash..Aamiin

    ReplyDelete
  41. Sy baru satu minggu beli VT thn 96 cuma ada kendala di kopel, di kecepetan 70/80 km geteran nya berasa bangat tapi setelah sy baca artikel ini hati sy merasa lega ... Tadi nya sempet kecewa mau sy jual lg tapi setelah baca" di atas nnti secepet nya sy cari alamat bengkel yg kusus kopel di daerah fatmawati / tanah abang .... Trimakasih lanjoutkan

    ReplyDelete
  42. pengen banget punya ni mobil.gara2 temen beli vt94 20 jt an..pajak 500 ..untuk low bugjed kyk nya cocok buat kami keluarga kecil..mudah2 bisa beli...doakan ya om..agar secepatnya punya nih mpbil

    ReplyDelete
  43. Saya coba pake VT Bandung Lampung isi bensin cuman 200rban(pertalite),di tol dan tanjakan tenaga gak ada matinya,jadi tambah cinta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh jd tabah yakin ni, mudah2hn thun depan bisa kebeli ni vt aamiin, doain ya semua

      Delete
  44. Gabung ah...saya pake vt,93 vt emang jos tenan.irit sak kabehe

    ReplyDelete
  45. Gabung juga ah... sebelum beli, berilmu dulu dung!???
    udah nego sih, tp blum klik sama empu nya VT.

    ReplyDelete
  46. Semoga berhasil meminang VT yg wokeehh banget. Siapa tau bisa buat mudik lagi ke sumbar di taun ini. Siapa tau bisa nambah sodara di jalanan...

    ReplyDelete
  47. Nyimak.. saja.. soalnya saya benar2 buta mobil apalagi istilah2nya. Overstering?? Nopo nggih?

    ReplyDelete
  48. saya pernah pake vt thn 95 mantep sparepart murah meriah, ac dingin kaya dikulkas,tp sekarang uda dijual jd kangen coy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Om. Sampai saat ini VT saya masih setia menemani keluarga. Rencananya besok mau cek kaki-kaki, soalnya udah mulai ada suara gludag gluduk kalo lewat jalan ga rata. Hehe...

      Delete
  49. halo mentemen VT club, bila ada yg pengalaman dg drawing dan perlistrikan utk power steering elektronik ori bawaan VT.95; boleh bagi ilmu atau hub sy di 0822-8888-3752 Herman. sdg ada mslh dg PS nya. terimakasih sebelumnya. salam.

    ReplyDelete
  50. Mau nanya apa tu arti : Polley kipas 9 cmm, Radua5tor 2 ply atau Radiator 2 layer....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulley kipas : dudukan kipas diganti dengan ukuran lebih kecil alhasil rotasi putaran akan bertambah banyak dan kipas akan berputar lebih kencang walau posisi mobil tidak jalan (kondisi jalan macet)

      Radiator 2ply : . Adalah radiator dengan doubel saluran(jalanan) air nya . Alias lebih besar dari bawaan pabrik yg hanya 1 ply .


      Saat ini sy punya vantrend ada 2 unit .. 95 dan 96 . Kedua nya sudah pernah sy bawa lintas pulau yg VT 95 sudah pernah dri Jakarta ke Sumatera Utara PP . Tidak ada masalah berarti lancar lancar .

      Yg VT 96 sy sudah pernah bawa dri Jakarta ke Madura PP. VT 96 hanya mendadak mesin off ketika di Surabaya dikarenakan cuaca amat panas mengakibatkan COIL meriang , hanya dengan sy kompres dengan kanebo basah tunggu sambil ngerokok sebatang , starter vantrend pun siap tempur lagi ..
      Buat yg lgi mikir mikir mau Minang vantrend sy sarankan STOP MIKIRNYA langsung aja beli ..karna ini mobil sangat sangat sangat worthed .


      Rencana sehat panjang umur desember 2019 ini sy mau bawa vt96 saya FROM JAKARTA ke DENPASAR BALI bersama 1 istri dan 4 orang anak saya .. ..


      Delete
    2. Bos, berarti 6 orang ya, apa muat?

      Delete
  51. Dengar teman pake vt dah 6 taon dan aman aman saja, langsung minat karena pas di budget.... Gak mikir langsung beli n skrg masih nunggu dikirim dari jkt ke kukar

    ReplyDelete
  52. Semoga suatu saat nanti saya dapat memiliki si Vantrend ini

    ReplyDelete
  53. Jd pengen ganti nih kijang G 1,8 cc th 1996 dg vt nya.kira2 yg sdh ps th brp ya gess?

    ReplyDelete
  54. Besok beli ah...
    Insyaa allaah... ������

    ReplyDelete
  55. Bt mah no Wahid ana pake Mazda vantren udah 3 tahun sukabumi Garut gaspolllll ga ada yg nandingin pkoknyamah tol ngacir tanjakan Nagrek ga ada apa apanya avanza malah mogok dinagreg hmmmmp ketawa vt gua hidup lah vantren soulmate gua gak akan ganti ke mobil apapun kecuali ada yg lebih bagus dan lebih irit dan yg paling utama anti mogok hahahahahah

    ReplyDelete
  56. Minta doanya VT lover,,, pengen minang VT 95 ke atas, mudah2n rencananya terkabul.amiin....

    ReplyDelete
  57. Bismillah. Akhit bulan ini beli vt 95... Dh ad yg sy tuju.. Tinggal hepengnya yg blom kliatan hilalnya..
    Doakan ya temen

    ReplyDelete
  58. Rencana minang vt 95..mudah2 dilepas ama empunya..hehe..

    ReplyDelete
  59. Salam kenal, ane abol karihkil ciseeng bogor, baru abis jual x trail angkat VT 94, minta info dong...tuk penjualan raiator VT yg dua baris adanya dmn,
    Nanya di pondok cabe katanya dah ga keluar, terus klo pooly kecil kira" persamaan mobil apa?

    Kira" klo persamaan yg pas radiator mobil apa ya?

    Tenks infonya

    ReplyDelete
  60. Ak ad rencana mo minang VT. . .Untuk saat ini keberadaan Sparepart nya masi aman kah? Dan kalo ada saran. .Yg udah powersteering mulai VT th brp?

    ReplyDelete
  61. Saya mau sampaika keluhan saya, barangkali ada yang ngerti, punya saya boros di bbm, 1:5,5 untuk perjalanan ciledug ke pantai anyer 🙏🙏 dalam kota juga sama, ke puncak bogor juga sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zservice karbu di tempat specialis karburaror

      Delete
  62. Saya jadi berminat punya VT.
    🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  63. Jadi berminat sma vt, komen nya positif, walaupun ada kekurangan (namanya mobil tua) wajar. Pas di kantong bgt pajak nya jg..

    ReplyDelete
  64. Katanya blm powerstering setirnya berat GK om?

    ReplyDelete
  65. Mau tanya lur, pully diganti ukuran 9 apakah ganti pully yg ukuran 9 ?? Semisal ganti punya merk mobil apakah ?? Dan bubut nya bubut lubang baut kah ??

    ReplyDelete
  66. Sampai terakhir di produksi VanTrend itu tahun berapa ya , pengen punya , spare parts masih banyak ya bro ?

    ReplyDelete
  67. Pengin Minang si VT insya Allah.udah mudahan sebelum th 2021. Aamiin 🙏

    ReplyDelete
  68. Salam kenal smua...nyimak soal VT jd seneng...insyaAllah bsok siang mau deal2an VT 96...minta doa nya smoga bsok VT 96 jd milik ane.. .

    ReplyDelete
  69. Ouwch iya...mau gabung di VT community dimana yaa?

    ReplyDelete
  70. wah tampaknya vantrend banyak peminatnya ya, buat nambah informasi bisa juga pilih mobil yang kamu suka di seva pusat mobil murah yang kasi harga menarik, siapa tau jadi kecantol

    ReplyDelete
  71. Vantren minimal taun brp yg udah power steering bawaan pabrik

    ReplyDelete
  72. Kalau boleh tau, utk plat kopling, yg 6 per, dari mobil apa ya ?

    ReplyDelete
  73. Sy yg dr kecil kls 5 SD sampe skr nge fans bngt sm VT... sampe punya anak 4 blm jg kesampaian.... ya ALLAH,, kabulkanlah do'aku.... 😃

    ReplyDelete
  74. Ini mobil VT bener bener irit dan tangguh.... Mantap....👍

    ReplyDelete
  75. Tahun 2004-2008 saya pernah menggunakan Mazda vantrend warna hijau tahun 1994, diawal pemakaian memang banyak bebenah printilan, yg agak besar plat kopling dan dinamo pengisian.... Setelah diganti part baru ajibb bgt di tol masih berani 140 kpj. Dan tahun 2021 saya kepingin Minang vt lagi... Semoga di Kobul.. amin

    ReplyDelete
  76. Om kalau shock depan tipe gas untuk mazda vantrend merk apa ya?

    ReplyDelete
  77. 17 April 2022, yang masih pakai VT ngacung..

    ReplyDelete